Ini cerita tentang 3 kura-kura yang sekarang menjadi saudaraku. 3 sodara yang selalu menemaniku dalam segala suasana.

Mereka adalah: Turtwig yang pertama saya adopsi  kura-kura malang yang harus mengalami kisah yang menyedihkan akibat kebodohan saya. Kedua Squirtle kura-kura yang mencoba tegar karena terpisah dari induknya ketika baru lahir dan merupakan kura-kura termuda yang saya pelihara. Ketiga adalah Tortera, kura-kura yang paling mencerminkan sifat saya yang agresif , temperament, dan hyper aktif. dan tortera adalah kura-kura yang paling besar diantara 2 saudaranya.

Awal perkenalan saya dengan dunia kura-kura ketika saya diajak ke Reptil Festival di kota saya, Yogyakarta di bulan september 2011. Saat itu saya berangan-angan mempunyai hewan piaraan sekaligus sebagai sahabat saya. Tanpa ilmu pengetahuan tentang memelihara kura-kura dan dengan hanya secuil informasi dari beberapa teman yang memelihara kura-kura saya nekat membeli kura-kura di sebuah pasar ikan hias di daerah saya. Saat itulah saya bertemu Turtwig saya, tanpa ba-bi-bu saya langsung mengajukan beberapa lembar uang untuk menebus Turtwig dari tangan sang penjual. Betapa gembiranya saat itu ketika saya sudah mempunyai hewan peliharaan untuk jadi teman dan sahabat.

Kehidupan tragis Turtwig dimulai dari keesokan harinya. Saya menaruh Kura-kura brazil itu di ember sebagai kandangnya. Sifat Turtwig yang calm dan cool membuat saya menyukainya, tapi masalahnya mulai muncul ketika di karapasnya terdapat titik-titik putih dan berbau tidak sedap. Kepanikan sempat melanda saya ketika saya ketika saya bertanya kepada teman2 saya yang juga memelihara kura-kura, tapi mereka tidak mengalami permasalahan yang saya alami. Lantas ketika saya sedang browsing di internet tentang penyakit pada kura-kura saya menemukan grup yang diisi oleh orang-orang yang sangat peduli kepada kura-kura. Saya pun meminta izin untuk bergabung di grup itu agar saya bisa mendapat pencerahan dari penyakit yang di alami Turtwig. Salahsatu orang di grup itu(mungkin bisa dikatakan sebagai ahli) memberi saya saran agar gambar penyakit yang di alami Turtwig di upload di grup itu. Tanpa ragu saya mengunggah gambar dari Turtwig yang terdiam kesakitan. Kemudian mereka mengatakan bahwa penyakit yang di alami Turtwig adalah Shell root yaitu luka akibat goresan atu luka yang sudah lama dan berbau tidak sedap, dan penyakit itu tergolong penyakit yang parah, yang membuat saya shock karena takut kehilangan Turtwig. Setelah dikasih tahu cara penanganan dan mengobati penyakit tersebut. Saya melakukannya dan meberi Turtwig rumah yang lebih nyaman. Sejak saat itu saya bersungguh-sungguh merawat Turtwig agar pulih seperti semula. Turtwig adalah kura-kura yang tidak rewel karena mau memakan makanan apapun yang saya berikan kepadanya, dan dia paling suka pelet khusus kura-kura entah karena apa, dia selalu menghabiskan semua pelet kura yang saya berikan di aquariumnya dengan cepat. Dia juga sangat pemalu dan penakut karena sepanjang hari hanya berdiam di dasar aquarium walau kadang juga melakukan hal2 yang membuat saya tertawa yaitu mengejar-ngejar ikan koi  yang saya masukan ke aquarium untuk menemaninya.

Dan pada bulan januari 2012 ketika saya sedang di depan komputer saya, seseorang mengetok pintu kamar saya, ternyata itu keponakan saya yang sedang membawa seekor bayi kura-kura brazil yang berukuran sangat kecil. Keponakan saya memasrahkan bayi kura-kura itu kepada saya karena dia dimarahi orang tua. Saat itulah Squirtle menjadi salah satu anggota keluarga kura-kura dan sekaligus adik dari Turtwig. Saya tidak mengalami banyak permasalahan ketika memelihara Squirtle karena dia memang masih bayi, saya suka Squirtle dari nafsu makannya yang sangat besar dibandingkan ukuran tubuhnya yang hanya 3cm. Turtwig juga sangat senang dengan kehadiran Squirtle di aquariumnya dan menunjukkan kebahagiannya itu dengan seringnya dia naik ke basking area dan menirukan gaya Squirtle yang sedang berjemur dengan kedua kaki belakangnya yang di angkat keatas. Turtwig dan Squirtle menjadi kakak beradik yang sangat harmonis.

Dan pada bulan maret 2012 datang sepupu saya dari semarang yang merupakan seorang breeder kura-kura brazil, dia memberikan seekor kura-kura brazil yang agak besar kepada saya, sebagai hadiah ulang tahun saya. Dan saat itulah Tortera hadir di keluarga kecil kura-kura. Ukuran tubuh Tortera yang besar dibandingkan usianya yang masih 6 bulan memang menjadikan dia sebagai pemimpin dari keluarga kura-kura saya, meskipun usia Turtwig lebih tua dari Tortera tapi Turtwig tidak berani membuat masalah dengan Tortera, karena ukuran tubuh/karapas Turtwig lebih kecil dari Tortera. Aktivitas favorit Totera ketika di dalam aquarium adalah mengejar-kejar ikan koi, dan jika ikan koi itu tidak cukup gesit maka berakhirlah hidup ikan koi itu di mulut Tortera. Hubungan Turtwig dan Squirtle kepada Tortera pun sedikit terganggu karena kerakusan Tortera yang slalu menghabiskan makanan yang saya beri di aquarium. Pada suatu saat saya memisah Tortera dari kedua saudaranya dan memberinya diet agar tidak terlalu rakus. Pada saat memindahkan pun jari telunjuk saya menjadi korban ke agresifan Tortera karena dia meronta-ronta di tangan saya, walaupun tidak sampai berdarah gigitan Tortera itu sempat membuat saya ilfeel kepadanya. Saya masukkan tortera di kontainer sendiri dan saya labeli dengan “awas kura-kura galak dan bisa menggigit”.

Dan tragedi terjadi ketika keponakan saya pulang dari sekolah sementara saya sedang kuliah disebuah universitas ternama di jogja. Keponakan saya yang gembira melihat seekor kura-kura yang agak besar berada di kontainer yang terjangkau leh tangan kecilnya. Dia membuka tutup kontainer itu dan mengambil Tortera dari dalam kontainer, dan disaat itu jari jempol keponakan yang akan memegang plastron bagian depan Tortera berada tepat di depan mulut Tortera dan tanpa mensia-siakan waktu, langsung rahang Tortera yang kuat langsung menggigit dan tidak mau melepaskan. Melihat cucunya menangis keras ayah saya langsung mengambil tortera dan melemparkannya ke kontainer Tortera sendiri. Ketika pulang dari kampus saya kaget mendapati jempol keponakan kesayangan dibalut perban dan keponakan saya masih masih menangis tersedu-sedu. Langsung ayah saya memaki-maki saya karena menaruh kura-kura yang agresif disembarang tenpat, sejak saat itu saya mempuasakan Tortera agar tidak agresif, setelah dua minggu kelakuan tortera pun membaik dan ketika saya menyodorkan telunjuk saya di depan mulutnya dia yang memasukkan kepalanya ke dalam cangkang. Lalu saya kembalikan Tortera kembali ke aquarium kedua saudaranya.

Dan dari merawat ketiga kura-kura itu saya menjadi lebih paham dari arti hidup ini. Dan saya berjanji akan merawat The Three musketeer saya dengan kasih sayang.

About Papoe

Hi...I am named Papoe (read: pa-poo) because my origin is from Papua New guinea :) I am a Pink belly short Necked Turtle. Mommy adopted me on March 11, 2012. I am struggling with my body size...maybe I am a midget

12 responses »

  1. […] Share Your Pets #4: Turtwig, Squirtle and Tortera -6.332802 106.831299 Rate this:Share this:Like this:Like5 bloggers like this. By Papoe • Posted in Non-Turtle, Things Turtle-ish • Tagged Guest Post, Pets, Share Your Pet, Sharing 27 […]

  2. fitri says:

    namae keren2..unik..smoga cpt smbuh turtwig

  3. hello turtles, pleased to meet you.

  4. snoopys@snoopysdogblog says:

    Hey Guys,

    It’s great to hear about your Turtle buddies – love the names!! 🙂

    Hope you’re having a fun day 🙂

    Your pal Snoopy 🙂

  5. Deb says:

    Those turtle have cute names.
    Don’t you ever worry, mommy will always keep you!
    Hugs Aunt Deb xo

  6. Binky says:

    I really like that picture of the turtles in the pool. It looks like three huge turtles on the blue planet earth floating in black space.

    • Novroz says:

      You have high imagination Bink 😉
      That blue thingy is a medicine to prevent and cure fungus, I am also using that for Kroten now.

  7. Namanya lucu-lucu 😀 Squirtle jadi inget film Pokemon! hehe

  8. doni cerprin says:

    Nama nama pokemon

Thank you for commenting :)

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s